%0 Generic %A Yani Puspita , Sari %C Universitas Lampung %D 2025 %F eprints:88751 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU PHET SIMULATION TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM %U http://digilib.unila.ac.id/88751/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PhET Simulation terhadap literasi sains peserta didik pada materi perubahan iklim. Literasi sains yang dikaji mencakup tiga indikator utama, yaitu menjelaskan fenomena secara ilmiah, mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah, serta menafsirkan data dan bukti ilmiah. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang mendapat perlakuan model PBL dengan PhET Simulation, dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data diperoleh melalui tes literasi sains dan angket respon peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara peningkatan literasi sains kelas eksperimen dan kontrol. Indikator menafsirkan data dan bukti ilmiah mengalami peningkatan paling tinggi, didukung oleh hasil angket yang menunjukkan bahwa PhET Simulation membantu peserta didik memahami hubungan antarvariabel dan membaca grafik serta data visual. Sementara itu, indikator mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah menunjukkan peningkatan paling rendah, terutama di kelas kontrol, akibat minimnya kegiatan investigatif. Simpulan dari penelitian ini adalah model PBL berbantu PhET Simulation efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik, terutama dalam indikator menafsirkan data dan bukti ilmiah. Kata kunci :literasi sains, PBL, perubahan iklim, PhET Simulation