%0 Generic %A Muhamad Arya, Wirayuda %C Universitas Lampung %D 2025 %F eprints:88807 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Audiovisual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPAS Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar %U http://digilib.unila.ac.id/88807/ %X Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas V sekolah dasar karena pendidik belum memaksimalkan penggunaan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis audiovisual terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS peserta didik kelas V sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 21 peserta didik kelas VB dan 22 peserta didik kelas VA. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis audiovisual terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS peserta didik kelas V SD Negeri 4 Metro Utara. Kata kunci: audiovisual, berpikir kritis, inkuiri terbimbing.