creators_name: Muhamad Arya, Wirayuda creators_id: 2113053106 type: other datestamp: 2025-06-17 01:39:27 lastmod: 2025-06-17 01:39:27 metadata_visibility: show title: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Audiovisual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPAS Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar ispublished: pub subjects: 370 subjects: 372 full_text_status: restricted abstract: Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas V sekolah dasar karena pendidik belum memaksimalkan penggunaan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis audiovisual terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS peserta didik kelas V sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 21 peserta didik kelas VB dan 22 peserta didik kelas VA. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis audiovisual terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS peserta didik kelas V SD Negeri 4 Metro Utara. Kata kunci: audiovisual, berpikir kritis, inkuiri terbimbing. date: 2025-05-15 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung id_number: 2113053106 citation: Muhamad Arya, Wirayuda (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Audiovisual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPAS Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/88807/1/1.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88807/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88807/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf