@misc{eprints8881, month = {Nopember}, title = { PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR BERMAIN SEPAK BOLA MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KERTASANA KECAMATAN KEDONDONG KABUPATEN PESAWARAN}, author = {SUDARSUN 1113108007}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/8881/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki keterampilan gerak dasar bermain sepakbola pada siswa kelas V SD Negeri Kertasana Kedondong Kabupaten Pesawaran melalui model pembelajaran kelompok. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kertasana Kedondong Kabupaten Pesawaran yang berjumlah 19 siswa, dengan perincian 10 laki-laki dan 9 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan menggunakan instrumen penilaian tes keterampilan gerak dasar bermain sepakbola. Hasil penelitian menunjukkan: pada siklus pertama diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 21,05\%, pada siklus kedua diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar sebesar 42,10\%, dan pada siklus ketiga diperoleh prosentase keberhasilan belajar sebesar 68,42\%. Berdasarkan nilai rerata untuk meningkatkan hasil pembelajaran harus diberi perlakuan yang sesuai dengan menggunakan metode yang telah ditetapkan. Hasil peningkatan ? 50\% itu artinya hasil pembelajaran keterampilan dasar bermain sepakbola dengan menggunakan model pembelajaran kelompok menunjukan telah terjadi peningkatan. Dengan kondisi tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan dasar pada permainan sepakbolai siswa kelas V SD Negeri Kertasana Kecamatan Kedondong telah berhasil ditingkatkan dan proses pembelajaran di kelas tersebut dianggap telah tuntas pula.} }