?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1913024039&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+INQUIRY+BERBANTUAN+EDUGAME+DENGAN+%0D%0AMULTIPLE+GROUP+TERHADAP+LITERASI+SAINS&rft.creator=M.+Dimas+Dhitya%2C+Asri&rft.subject=300+Ilmu+sosial&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Literasi+sains+menjadi+salah+satu+keterampilan+utama+bagi+siswa+untuk+menyikapi+tantangan+pendidikan+abad+21%2C+sehingga+penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+model+pembelajaran+Inquiry+berbantuan+edugame+dengan+multiple+group+terhadap+literasi+sains+siswa.+Jenis+penelitian+yang+digunakan+adalah+quasi+eksperiment+dengan+desain+penelitian+ini+menggunakan+pretest-postest+non-equivalen+control+group.+Sampel+dalam+penelitian+ini+berjumlah+57+siswa+yang+terdiri+atas+kelas+VII+A+sebagai+kelas+eksperimen+dan+kelas+VII+C++sebagai+kelas+kontrol.++Dalam+pembelajaran+kelas+kontrol+menggunakan+metode+diskusi%2C+sedangkan+kelas+eksperimen+menggunakan+model+pembelajaran+inquiry+yang+dibantu+dengan+penggunaan+edugame.+Data+kemampuan+literasi+sains+diperoleh+dari+nilai+pretest-posttest%2C+kemudian+dianalisis+menggunakan+uji+independent+sample+t-test.+Hasil+penelitian+yang+didapatkan+menunjukkan+bahwa+terdapat+pengaruh+signifikan+penggunaan+model+pembelajaran+inquiry+terhadap+literasi+sains+siswa+yaitu+sig.+(2-tailed)+0%2C002+%3C+0%2C05+dengan+rata-rata+N-Gain+kelas+eksperimen+sebesar+0%2C71+lebih+tinggi+dari+kelas+kontrol+sebesar+0%2C58.+Selain+itu+dalam+penelitian+ini+digunakan+lembar+angket+tanggapan+siswa+untuk+mengetahui+keterlaksanaan+pembelajaran+inquiry+berbantuan+edugame+diperoleh+rata-rata+skor+86%25+dengan+kategori+sangat+baik.+Dengan+demikian+penggunaan+pembelajaran+inquiry+berbantuan+edugame+dengan+multiple+group+berpengaruh+secara+signifikan+terhadap+literasi+sains+siswa+kelas+VII+SMP.%0D%0AKata+Kunci+%3A+Pembelajaran+Inquiry%2C+Edugame%2C+Literasi+Sains%0D%0A&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pengetahuan&rft.date=2025-06-02&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88815%2F1%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88815%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88815%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++M.+Dimas+Dhitya%2C+Asri++(2025)+PENGARUH+INQUIRY+BERBANTUAN+EDUGAME+DENGAN+MULTIPLE+GROUP+TERHADAP+LITERASI+SAINS.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pengetahuan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88815%2F