TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints88815 UR - http://digilib.unila.ac.id/88815/ A1 - M. Dimas Dhitya, Asri Y1 - 2025/06/02/ N2 - Literasi sains menjadi salah satu keterampilan utama bagi siswa untuk menyikapi tantangan pendidikan abad 21, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry berbantuan edugame dengan multiple group terhadap literasi sains siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian ini menggunakan pretest-postest non-equivalen control group. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 57 siswa yang terdiri atas kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Dalam pembelajaran kelas kontrol menggunakan metode diskusi, sedangkan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inquiry yang dibantu dengan penggunaan edugame. Data kemampuan literasi sains diperoleh dari nilai pretest-posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran inquiry terhadap literasi sains siswa yaitu sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05 dengan rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,71 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 0,58. Selain itu dalam penelitian ini digunakan lembar angket tanggapan siswa untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran inquiry berbantuan edugame diperoleh rata-rata skor 86% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian penggunaan pembelajaran inquiry berbantuan edugame dengan multiple group berpengaruh secara signifikan terhadap literasi sains siswa kelas VII SMP. Kata Kunci : Pembelajaran Inquiry, Edugame, Literasi Sains PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan TI - PENGARUH INQUIRY BERBANTUAN EDUGAME DENGAN MULTIPLE GROUP TERHADAP LITERASI SAINS AV - restricted ER -