%A HANDAYANI ADININGSIH PUTRI %T FAKTOR-FAKTOR KETERLAMBATAN STUDI MAHASISWA ANGKATAN 2018-2020 DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN 2024 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis faktor-faktor yang berkontribusi terhadap keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa, serta memberikan rekomendasi yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kelulusan mahasiswa secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal, yaitu faktor keterlambatan studi mahasiswa angkatan 2018-2020 di Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 30 mahasiswa dengan cara stratified random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian adalah wawancara, pengisian angket dan studi dokumentasi dengan teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlambatan studi dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi minat dan motivasi yang rendah, kemampuan akademik yang beragam, kesehatan mental yang dapat memengaruhi produktivitas mahasiswa, interaksi sosial, serta persepsi terhadap dosen. Faktor eksternal meliputi kondisi keluarga dan ekonomi, dukungan lingkungan, serta ketersediaan sumber daya akademik. Kata kunci: kelulusan, keterlambatan studi, mahasiswa, pendidikan geografi. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints88819