title: ANALISIS TOLERANSI BUDAYA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMA NEGERI 2 NEGERI KATON TAHUN AJARAN 2024/2025 creator: BOFA, NUSWALABA ABIMANYU subject: 370 Pendidikan description: Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya perilaku toleransi budaya di sekolah. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk perilaku toleransi budaya dan dampaknya terhadap interaksi sosial siswa di lingkungan sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian adalah empat siswa SMA Negeri 2 Negeri Katon yang dipilih secara purposif berdasarkan keragaman suku (Sunda, Lampung, Jawa, dan Batak). Teknik pengumpulan data meliputi wawancara semi terstruktur dan dokumentasi, dengan analisis menggunakan coding terbuka melalui perangkat lunak ATLAS.ti 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa toleransi budaya di sekolah menghadapi tantangan seperti dominasi budaya mayoritas, diskriminasi terselubung terhadap minoritas, dan ketidaksetaraan akses partisipasi. Aspek toleransi budaya yang dominan meliputi interaksi antarbudaya (23,72%) dan konflik antarperadaban (38,98%). Temuan ini mengindikasikan perlunya pelatihan guru BK sebagai agent of change, serta kebijakan sekolah yang responsif terhadap keragaman. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan dialog antarbudaya, melibatkan siswa dalam pengambilan keputusan, dan memperkuat representasi budaya minoritas dalam kegiatan sekolah. Kata kunci: bimbingan konseling, toleransi budaya. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-05-20 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88821/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88821/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88821/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: BOFA, NUSWALABA ABIMANYU (2025) ANALISIS TOLERANSI BUDAYA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMA NEGERI 2 NEGERI KATON TAHUN AJARAN 2024/2025. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/88821/