creators_name: ROBBY, APRIAN RAMADAN creators_id: 2113024070 type: other datestamp: 2025-06-17 02:55:21 lastmod: 2025-06-17 02:55:21 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL INQUIRY TERINTEGRASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT TERHADAP CRITICAL THINKING SKILLS DAN SUSTAINABILITY AWARENESS ispublished: pub subjects: 370 subjects: 570 full_text_status: restricted abstract: Abad ke-21 menekankan peserta didik untuk memiliki critical thinking skills dan sustainability awareness agar mampu menghadapi berbagai tantangan isu-isu lingkungan global. Namun, pada kenyataannya critical thinking skills dan sustainability awareness peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry terintegrasi Education for Sustainable Development (ESD) terhadap critical thinking skills dan sustainability awareness peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X-5 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model inquiry terintegrasi ESD dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran discovery. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling sebab karakteristik populasi relatif sama. Teknik pengumpulan data kuantitatif pada critical thinking skills berupa tes uraian dan data kualitatif pada sustainability awareness berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model inquiry terintegrasi ESD berpengaruh signifikan terhadap critical thinking skills peserta didik, dengan uji Independent Sample T-test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) 0.00 < 0.05. Peningkatan critical thinking skills di kelas eksperimen memperoleh rata-rata N-gain sebesar 0.64, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata N-gain 0.38. Hasil angket sustainability awareness menunjukkan peningkatan di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata post-angket sebesar 82,8%, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh nilai rata-rata post-angket sebesar 47,6%. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa penerapan model inquiry terintegrasi ESD memberikan pengalaman belajar kontekstual yang mendorong peserta didik untuk terlibat aktif dalam mengamati, menganalisis, dan merumuskan solusi terhadap permasalahan lingkungan nyata di sekitarnya. Kata Kunci: inquiry, critical thinking skills, sustainability awareness, education for sustainable development date: 2025-06-02 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: ROBBY, APRIAN RAMADAN (2025) PENGARUH MODEL INQUIRY TERINTEGRASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT TERHADAP CRITICAL THINKING SKILLS DAN SUSTAINABILITY AWARENESS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/88835/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88835/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88835/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf