?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2113053298&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+KOOPERATIF+TIPE+STAD+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+IPAS+PESERTA+DIDIK+KELAS+V+SEKOLAH+DASAR+NEGERI+1+SURABAYA+&rft.creator=PANDU+ADITHIA%2C+RAMADHAN&rft.subject=300+Ilmu+sosial&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=372+Pendidikan+dasar&rft.description=Masalah+dalam+penelitian+ini+yaitu+rendahnya+hasil+belajar+peserta+didik+kelas+V+di+SD+Negeri+1+Surabaya.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+menganalisis+pengaruh+dari+penerapan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+STAD+terhadap+hasil+belajar+IPAS+peserta+didik.+Teknik+pengumpulan+data+menggunakan+tes+dan+non+tes.+Metode+dalam+penelitian+ini+adalah+dengan+metode+eksperimen+(pre+experimental+design)%2C+dengan+jenis+one+group+pretest-posttest+design.+Populasi+berjumlah+78+dan+sampel+yang+digunakan+yaitu+27+peserta+didik+Kelas+VC%2C+sampel+ditentukan+dengan+teknik+teknik+sampling+cluster+random+sampling.+Dari+pengujian+hipotesis+menggunakan+linier+sederhana+diperoleh+hasil+dari+uji+regresi+linier+sederhana+tersebut+membuktikan+bahwa+terdapat+pengaruh+dari+penerapan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+STAD+terhadap+kemampuan+hasil+belajar+IPAS+peserta+didik+Kelas+VC+di+SD+Negeri+1+Surabaya.+&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-05-05&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88839%2F1%2FABSTRAK%2520IND%252BENG_PANDU%2520ADITHIA.%2520R.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88839%2F2%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520LAMPIRAN_PANDU%2520ADITHIA.%2520R.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88839%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520PEMBAHASAN_PANDU%2520ADITHIA.%2520R.pdf&rft.identifier=++PANDU+ADITHIA%2C+RAMADHAN++(2025)+PENGARUH+MODEL+KOOPERATIF+TIPE+STAD+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+IPAS+PESERTA+DIDIK+KELAS+V+SEKOLAH+DASAR+NEGERI+1+SURABAYA.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88839%2F