%0 Generic %A PANDU ADITHIA, RAMADHAN %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:88839 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SURABAYA %U http://digilib.unila.ac.id/88839/ %X Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Metode dalam penelitian ini adalah dengan metode eksperimen (pre experimental design), dengan jenis one group pretest-posttest design. Populasi berjumlah 78 dan sampel yang digunakan yaitu 27 peserta didik Kelas VC, sampel ditentukan dengan teknik teknik sampling cluster random sampling. Dari pengujian hipotesis menggunakan linier sederhana diperoleh hasil dari uji regresi linier sederhana tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan hasil belajar IPAS peserta didik Kelas VC di SD Negeri 1 Surabaya.