creators_name: PANDU ADITHIA, RAMADHAN creators_id: 2113053298 type: other datestamp: 2025-06-17 02:31:10 lastmod: 2025-06-17 02:31:10 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SURABAYA ispublished: pub subjects: 300 subjects: 370 subjects: 372 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Metode dalam penelitian ini adalah dengan metode eksperimen (pre experimental design), dengan jenis one group pretest-posttest design. Populasi berjumlah 78 dan sampel yang digunakan yaitu 27 peserta didik Kelas VC, sampel ditentukan dengan teknik teknik sampling cluster random sampling. Dari pengujian hipotesis menggunakan linier sederhana diperoleh hasil dari uji regresi linier sederhana tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan hasil belajar IPAS peserta didik Kelas VC di SD Negeri 1 Surabaya. date: 2025-05-05 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2113053298 citation: PANDU ADITHIA, RAMADHAN (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SURABAYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/88839/1/ABSTRAK%20IND%2BENG_PANDU%20ADITHIA.%20R.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88839/2/SKRIPSI%20TANPA%20LAMPIRAN_PANDU%20ADITHIA.%20R.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88839/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN_PANDU%20ADITHIA.%20R.pdf