@misc{eprints88862, month = {Juni}, title = {PENGARUH CONCEPT ATTAINMENT MODEL BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT TERHADAP CRITICAL THINKING SKILLS DAN SUSTAINABILITY AWARENESS PESERTA DIDIK}, author = {SURYANI KADEK DEWI SEPTI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/88862/}, abstract = {Critical thinking skills dan sustainability awareness merupakan kompetensi penting dalam menghadapi permasalahan isu global. Namun, tingkat critical thinking skills dan sustainability awareness peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Concept Attainment Model berbasis Education for Sustainable Development terhadap peningkatan critical thinking skills dan sustainability awareness peserta didik. Kelas X1 dan X3 ditetapkan sebagai sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Desain penelitian menggunakan quasi eksperiment. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest serta pre-angket dan post-angket. Hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa rata-rata nilai N-Gain pada kelas eksperiman sebesar 0,47, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata N-Gain 0,37. Berdasarkan hasil uji effect size, diperoleh nilai sebesar 1,12 dengan kriteria tinggi . Pada data angket sustainability awareness, diperoleh selisih rata-rata tertinggi pada indikator emotional awareness, yaitu sebesar 50,00 pada kelas eksperimen. Berdasakan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Concept Attainment Model berbasis Education for Sustainable Development berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan critical thinking skills dan berpengaruh terhadap peningkatan sustainability awareness peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sekampung pada materi Ekosistem. Penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam penelitian selanjutnya untuk mengkaji efektivitas model pada jenjang pendidikan dan materi pelajaran yang berbeda. Kata Kunci: Concept Attainment, Critical Thinking Skills, Education for Sustainable Development, Sustainability Awareness} }