creators_name: Teni Kartika , Putri creators_id: 1816011051 type: other datestamp: 2025-06-17 04:34:57 lastmod: 2025-06-17 04:34:57 metadata_visibility: show title: STIGMA SOSIAL ANAK BROKEN HOME DALAM KONSTRUKSI KEHIDUPAN SOSIAL (Studi Pada Mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung) ispublished: pub subjects: 300 subjects: 301 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kehidupan anak broken home dalam kehidupan sosial sehari-hari sebagai mahasiswa di lingkungannya. Stigma sosial yang berkembang. Fenomena yang kerap terjadi di Indonesia yakni broken home berawal dari perceraian. Dalam perjalanannya, anak-anak yang menjadi korban broken home, terutama yang berasal dari keluarga yang bercerai, seringkali mendapat stigma negatif dari lingkungannya. Anak yang juga sebagai mahasiswa broken home yang terlibat dalam penelitian ini adalah seorang yang kerap kali diberikan stigma negatif oleh lingkungannya, ada perbedaan dalam mereka menghadapi stigma: menghadapinya dengan pembuktian ataupun mengalami kecemasan berlebih dari kondisinya. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini melibatkan 10 orang informan, dengan 7 orang informan utama (mahasiswa dengan kondisi broken home) serta 5 orang informan pendukung (teman dekat dan orang tua atau kerabat anak broken home). Dari hasil penelitian didapatkan bahwa stigma yang berkembang di tengah masyarakat terhadap broken home adalah sebagai berikut: Broken home adalah anak dengan perilaku yang menyimpang; Broken home di cap tidak memiliki prestasi karena tidak serius belajar; Broken home adalah seorang anak yang “nakal” terlebih perempuan; Untuk laki-laki, biasanya dilabel sebagai anak yang memiliki penyimpangan paling ekstrim, bahkan ketika tidak terlihat di masyarakat ia dicurigai sebagai anak yang mengonsumsi narkoba. Stigma tersebut berkembang dikarenakan label yang berkembang di masyarakat semakin mendorong kepercayaan masyarakat terhadap nilai yang mereka percayai. Kata Kunci: Stigma, Broken Home, Konstruksi Sosial This study aims to see how the lives of broken home child in everyday social life as students in their environment. The growing social stigma. The phenomenon that often occurs in Indonesia, namely broken home, begins with divorce. Along the way, children who are victims of broken home, especially those from divorced families, often get negative stigma from their environment. Child who are also broken home students involved in this study are those who are often given negative stigma by their environment, there are differences in how they face stigma: facing it with proof or experiencing excessive anxiety from their condition. The type of research used in this study is a descriptive research type using a qualitative research approach. This study involved 10 informants, with 7 main informants (students with broken home conditions) and 5 supporting informants (close friends and parents or relatives of broken home children). From the results of the study, it was found that the stigma that developed in society towards broken home is as follows: Broken home is a child with deviant behavior; Broken home is labeled as having no achievements because they are not serious about studying; Broken home is a "naughty" child, especially for girls; For boys, they are usually labeled as children with the most extreme deviations, even when they are not seen in society they are suspected of being children who consume drugs. The stigma develops because the labels that develop in society increasingly encourage people's trust in the values they believe in. Keywords: Stigma, Broken Home, Social Construction date: 2025-04-28 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 1816011051 citation: Teni Kartika , Putri (2025) STIGMA SOSIAL ANAK BROKEN HOME DALAM KONSTRUKSI KEHIDUPAN SOSIAL (Studi Pada Mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/88865/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88865/3/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88865/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf