creators_name: DESILVA ELSHA, GAU creators_id: 2113024055 type: other datestamp: 2025-06-17 07:45:11 lastmod: 2025-06-17 07:45:11 metadata_visibility: show title: PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERKOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI ispublished: pub subjects: 507 subjects: 570 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kolaborasi peserta didik pada materi bioteknologi. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMAS Immanuel Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental dengan desain penelitian pretest-postest non-equvalent control group. Sampel penelitian pada peserta didik kelas X.1 sebanyak 22 peserta didik sebagai kelas kontrol dan X.2 sebanyak 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengmbilan sampel purposive sampling. Pada kelas eksperimen menggunakan pembelajaran PjBL, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode diskusi kelompok. Data kemampuan berpikir kritis didapatkan melalui penilaian pretest-postest yang dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada taraf signifikasi 0,005 didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,005 maka H1 diterima. Kemudian hasil uji pengaruh (effect size) sebesar 1,07 dengan kriteria “Tinggi” yang dapat diartikan bahwa pembelajaran PjBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Sedangkan data kemampuan kolaborasi diperoleh dari hasil perhitungan lembar observasi peserta didik. Hasil perhitungan data kemampuan kolaborasi peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dengan presentase nilai 80% dengan kriteria “Sangat baik” dibandingkan dengan kelas kontrol dengan presentase sebesar 59% dengan kategori “Cuku baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PjBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik pada materi bioteknologi. Kata kunci: Bioteknologi, Kemampuan Berpikir Kritis, Kolaborasi, PjBL date: 2025-06-03 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2113024055 citation: DESILVA ELSHA, GAU (2025) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERKOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/88892/3/ABSTRAK_DESILVA%20ELSHA%20GAU.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88892/4/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20LAMPIRAN_DESILVA%20ELSHA%20GAU.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88892/5/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%204%20%26%20LAMPIRAN_SDEESILVA%20ELSHA%20GAU_.pdf