%A KURNIA ANIS %T STRATEGI GURU IPS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA MATERI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus di SMP Al-Kautsar Bandar Lampung) %X This study aims to describe the social studies teacher's strategy in developing students' communication skills on community empowerment material at Al Kautsar Middle School, Bandar Lampung. The research method used is descriptive with a qualitative approach, and the subjects studied are social studies teachers, seventh- grade students, and the curriculum vice-principal. Data collection techniques use interviews, observations, and documentation. The data validity technique uses triangulation. The results indicate that social studies learning strategies to enhance communication skills at Al Kautsar Middle School have emerged and are evident. Teachers employ a variety of learning strategies starting from planning, implementation, and evaluation tailored to the community empowerment material. Some strategies that teachers use to develop students' communication skills include direct strategies in social studies learning to enhance students' communication skills, variations of learning models tailored to learning objectives such as PBL, role playing, discussions, debates, think-pair-share, jigsaw, and diverse evaluation strategies by teachers such as written assignments, oral tasks, and written tests. Additionally, teachers also use student worksheets in group activities. Keywords: Teacher Strategy, Social Sciences, Communication Skills. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru IPS dalam mengembangkan keterampilan berkomunikasi peserta didik pada materi pemberdayaan masyarakat di SMP Al Kautsar Bandar lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, subjek yang diteliti merupakan guru IPS, siswa kelas VII, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran IPS untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi di SMP Al-Kautsar sudah muncul dan terlihat. Guru menggunakan strategi pembelajaran yang beragam mulai dari perencanaan, proses, dan evaluasi yang disesuaikan dengan materi pemberdayaan masyarakat. Adapun beberapa strategi guru dalam mengembangkan keterampilan berkomunikasi siswa yaitu strategi direct langsung dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa, strategi variasi model pembelajaran yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yaitu PBL, role playing, diskusi, debat, think pair share, jigsaw dan strategi evaluasi yang dilakukan guru beragam seperti tugas tertulis, lisan dan tes tertulis, selain itu juga guru menggunakan lembar kerja peserta didik dalam aktivitas kelompok. Kata kunci: Strategi, Guru, Ilmu Pengetahuan Sosial, Keterampilan %D 2025 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints88893