TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints88900 UR - http://digilib.unila.ac.id/88900/ A1 - Nurul, Afifah Luthfiani Y1 - 2025/06/12/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sustainability awareness peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMAN 14 Bandar Lampung. Sampel diambil menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan kelas X.7 sebanyak 35 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas X.8 sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 peserta didik. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasy experiment dengan teknik Pretest Posttest Non-Equivalent Control Group. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan pemecahan masalah, angket sustainability awareness dan angket tanggapan peserta didik . Hasil uji Independent Sample t-Test didapatkan nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,005. Hasil perhitungan angket sustainability awareness kelas eksperimen mendapatkan rata-rata 85,6 dengan deskripsi praktek yang dialakukan dengan frekuensi sering, sedangkan kelas kontrol sebesar 69,6 dengan deskripsi praktek yang dilakukan dengan frekuensi sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sustainability awareness peserta didik. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Problem Based Learning, Sustainability Awareness PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SUSTAINABILITY AWARENESS PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -