TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints88911 UR - http://digilib.unila.ac.id/88911/ A1 - DINA, SORAYA Y1 - 2025/05/26/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-LKPD interaktif pada praktikum Microsoft Excel materi Perhitungan Matematis dan Logika IF yang tervalidasi dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini termasuk ke dalam Research and Development (RnD) dengan model pengembangan Define, Design, Develop, and Disseminate (4D) yang diadaptasi dari Thiagarajan, et al (1974). Pengembangan bahan ajar berupa e-LKPD interaktif menggunakan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction (ARCS). Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi dan ahli media serta pretest-posttest sebagai tes hasil belajar siswa. Uji coba dilakukan pada kelompok besar sebanyak 29 siswa kelas X.I SMAN 3 Bandarlampung. Media yang dikembangkan ini telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Persentase rata-rata dari hasil validasi ahli media menunjukkan 96% (Sangat Baik) dan hasil validasi ahli materi menunjukkan 96% (Sangat Baik). Hasil rata-rata pretest adalah 60,06 dan rata-rata posttest adalah 80,91 yang menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata secara signifikan antara hasil pretest dengan posttest. Hasil nilai N-Gain score 0,7807 (Tinggi) dan menunjukkan hasil persentase N-Gain score yakni 78,07% (Efektif). Kesimpulan dari penelitian ini adalah e-LKPD interaktif telah tervalidasi dengan pernyataan kualitatif sangat baik dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: ARCS, e-LKPD Interaktif, Microsoft Excel PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN e-LKPD INTERAKTIF PADA PRAKTIKUM MICROSOFT EXCEL DI SMAN 3 BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -