title: PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROYEK PEMBUATAN PEUYEUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA creator: SEKAR TRIA , MULYANINGRUM subject: 300 Ilmu sosial subject: 370 Pendidikan description: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan LKPD berbasis proyek pembuatan peuyeum yang bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan LKPD berbasis proyek pembuatan peuyeum dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif serta mendeskripsikan respon guru dan siswa terhadap LKPD berbasis proyek pembuatan peuyeum yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah metode campuran (mixed method) dengan desain embedded experimental model. Pada tahap sebelum intervensi uji coba ini melibatkan 10 guru Biologi dan 20 siswa SMA di Provinsi Lampung, pada tahap selama intervensi dan setelah intervensi penelitian ini melibatkan 32 siswa kelas X di SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi instrumen tes keterampilan berpikir kreatif, angket respon guru dan siswa, serta lembar validasi. Rata-rara persentase hasil validasi ahli terhadap kesesuaian isi sebesar 89,77%, aspek konstruksi sebesar 90,62%, dan aspek keterbacaan sebesar 87,5%, sehingga LKPD berbasis proyek pembuatan peuyeum yang dikembangkan dinyatakan valid dengan kriteria sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunakan LKPD berbasis proyek pembuatan peuyeum secara signifikan nilai posttest lebih tinggi dibandingkan nilai pretest, dilihat dari uji paired sample t-test menunjukkan selisih nilai sebesar 31,13 antara nilai pretest-posttest, dan nilai n-Gain sebesar 0,53 dengan kategori sedang. Oleh karena itu, temuan ini mengindikasikan bahwa LKPD berbasis proyek pembuatan peuyeum yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Kata kunci: STEM-PjBL, peuyeum, keterampilan berpikir kreatif. This study is a development research of a project-based student worksheet (LKPD) centered on the production of peuyeum (fermented cassava), aiming to describe the effectiveness of the project-based LKPD in enhancing students’ creative thinking skills, as well as to describe the responses of teachers and students toward the developed LKPD. The research employed a mixed-method approach with an embedded experimental design. In the pre-intervention stage, the trial involved 10 Biology teachers and 20 high school students in Lampung Province. During and after the intervention, the study involved 32 tenth-grade students at SMA Negeri 3 Bandar Lampung. The research instruments included a creative thinking skills test, teacher and student response questionnaires, and validation sheets. The average expert validation scores were 89.77% for content suitability, 90.62% for construction aspects, and 87.5% for readability, indicating that the developed project-based LKPD is valid with a very high level of validity. The research findings show that the use of the project-based LKPD significantly improved students’ post-test scores compared to their pre-test scores. The paired sample ttest revealed a score difference of 31.13 between pre-test and post-test, and the n- Gain score was 0.53, categorized as moderate. Therefore, these findings indicate that the developed project-based LKPD on peuyeum production is effective in improving students’ creative thinking skills. Keywords: STEM-PjBL, peuyeum, creative thinking skills. date: 2025-04-22 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88931/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88931/2/TESIS%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88931/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: SEKAR TRIA , MULYANINGRUM (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROYEK PEMBUATAN PEUYEUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/88931/