?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PENERAPAN+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)%0D%0ATERHADAP+KETERAMPILAN+BERPIKIR+KRITIS+DAN%0D%0ASELF+EFFICACY+PESERTA+DIDIK&rft.creator=Dhea+%2C+Salsabilla+Alsa&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=530+Fisika&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+mengetahui+pengaruh+model+Problem+Based+Learning%0D%0A(PBL)+terhadap+keterampilan+berpikir+kritis+dan+self-efficacy+peserta+didik.%0D%0APenelitian+ini+dilaksanakan+di+SMA+Global+Madani+Bandar+Lampung+dengan+kelas%0D%0AX2+sebagai+kelas+eksperimen+dan+X3+sebagai+kelas+kontrol%2C+menggunakan+desain%0D%0Apretest-posttest+control+group.+Teknik+pengumpulan+data+berupa+tes+esai+dan+angket.%0D%0AHasil+analisis+menunjukkan+bahwa+nilai+N-gain+keterampilan+berpikir+kritis+kelas%0D%0Aeksperimen+sebesar+56%2C93+dan+kelas+kontrol+sebesar+31%2C67%2C+keduanya+berkategori%0D%0Asedang.+N-gain+self-efficacy+pada+kelas+eksperimen+sebesar+45%2C59+(sedang)%2C%0D%0Asedangkan+kelas+kontrol+sebesar+16%2C92+(rendah).+Uji+hipotesis+dengan+paired+sample%0D%0At-test+menunjukkan+nilai+signifikansi+sebesar+0%2C00+%3C+0%2C05+untuk+kedua+variabel%2C+yang%0D%0Aberarti+terdapat+pengaruh+yang+signifikan+terhadap+keterampilan+berpikir+kritis+dan%0D%0Aself-efficacy+setelah+diterapkannya+pembelajaran+PBL.+Uji+independent+sample+ttest+menunjukkan+signifikansi+0%2C02+%3C+0%2C05+untuk+keterampilan+berpikir+kritis+dan%0D%0A0%2C00+%3C+0%2C05+untuk+self-efficacy%2C+yang+berarti+terdapat+perbedaan+rata-rata+yang%0D%0Asignifikan+antara+kelas+PBL+dan+kelas+konvensional.+Dengan+demikian%2C+penerapan%0D%0Amodel+PBL+berpengaruh+positif+terhadap+peningkatan+keterampilan+berpikir+kritis%0D%0Adan+self-efficacy+peserta+didik+dibandingkan+model+pembelajaran+konvensional.%0D%0AKata+kunci%3A+Keterampilan+Berpikir+Kritis%2C+Problem+Based+Learning%2C+Self+Efficacy.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-06-11&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88941%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520ABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88941%2F3%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88941%2F2%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Dhea+%2C+Salsabilla+Alsa++(2025)+PENGARUH+PENERAPAN+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+TERHADAP+KETERAMPILAN+BERPIKIR+KRITIS+DAN+SELF+EFFICACY+PESERTA+DIDIK.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88941%2F