title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK creator: Dhea , Salsabilla Alsa subject: 370 Pendidikan subject: 530 Fisika description: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Global Madani Bandar Lampung dengan kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan X3 sebagai kelas kontrol, menggunakan desain pretest-posttest control group. Teknik pengumpulan data berupa tes esai dan angket. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai N-gain keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 56,93 dan kelas kontrol sebesar 31,67, keduanya berkategori sedang. N-gain self-efficacy pada kelas eksperimen sebesar 45,59 (sedang), sedangkan kelas kontrol sebesar 16,92 (rendah). Uji hipotesis dengan paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 untuk kedua variabel, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy setelah diterapkannya pembelajaran PBL. Uji independent sample ttest menunjukkan signifikansi 0,02 < 0,05 untuk keterampilan berpikir kritis dan 0,00 < 0,05 untuk self-efficacy, yang berarti terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas PBL dan kelas konvensional. Dengan demikian, penerapan model PBL berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy peserta didik dibandingkan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Self Efficacy. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-06-11 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88941/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88941/3/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88941/2/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Dhea , Salsabilla Alsa (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/88941/