%0 Generic %A Dhea , Salsabilla Alsa %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:88941 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK %U http://digilib.unila.ac.id/88941/ %X Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Global Madani Bandar Lampung dengan kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan X3 sebagai kelas kontrol, menggunakan desain pretest-posttest control group. Teknik pengumpulan data berupa tes esai dan angket. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai N-gain keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 56,93 dan kelas kontrol sebesar 31,67, keduanya berkategori sedang. N-gain self-efficacy pada kelas eksperimen sebesar 45,59 (sedang), sedangkan kelas kontrol sebesar 16,92 (rendah). Uji hipotesis dengan paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 untuk kedua variabel, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy setelah diterapkannya pembelajaran PBL. Uji independent sample ttest menunjukkan signifikansi 0,02 < 0,05 untuk keterampilan berpikir kritis dan 0,00 < 0,05 untuk self-efficacy, yang berarti terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas PBL dan kelas konvensional. Dengan demikian, penerapan model PBL berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy peserta didik dibandingkan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Self Efficacy.