creators_name: Luthfiah, Azzahra Sania Ahmad creators_id: 1953023005 type: other datestamp: 2025-06-18 03:01:23 lastmod: 2025-06-18 03:01:23 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS LAMBAN PESAGI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA ispublished: pub subjects: 507 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model problem-based learning berbasis etnosains Lamban Pesagi pada materi larutan penyangga untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar semester genap tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini, yaitu siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 6 dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan Non-Equivalent Control Group Design. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji Paired Sample t-test dan uji effect size terhadap keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest keterampilan proses sains adalah 34,72 dan rata-rata nilai posttest keterampilan proses sains adalah 82,64 dimana mengalami kenaikan sebesar 47% dengan rata-rata n-Gain 0,73 yang menunjukkan kategori tinggi. Berdasarkan uji Paired Sample t-test yang dilakukan, disimpulkan bahwa rata-rata nilai posttest keterampilan proses sains siswa tidak sama dengan rata-rata nilai pretest proses sains siswa pada materi larutan penyangga. Hasil tersebut menunjukkan efektivitas model problem-based learning berbasis etnosains Lamban Pesagi untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan penyangga sebelum dan sesudah pembelajaran. Ukuran pengaruh dihitung dengan menggunakan uji effect size. Hasil pengujian effect size diperoleh nilai sebesar 0,95 dengan kriteria “besar” menunjukkan bahwa 95% peningkatan keterampilan proses sains siswa dipengaruhi oleh model problem-based learning berbasis etnosains Lamban Pesagi. Kata kunci: etnosains Lamban Pesagi, problem-based learning, keterampilan proses sains date: 2025-04-17 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung citation: Luthfiah, Azzahra Sania Ahmad (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS LAMBAN PESAGI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/88965/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88965/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88965/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf