%A INDRA PRASOJO ALIF %T PENGARUH TERPAAN KONTEN BULK EATING (MUKBANG) TERHADAP MINAT WISATA KULINER PADA FOLLOWERS PENONTON AKTIF AKUN INSTAGRAM @TANBOY_KUN %X Perkembangan Instagram sebagai media sosial visual mendorong munculnya trend konten bulk eating (mukbang) yang diduga berpengaruh terhadap minat wisata kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur pengaruh terpaan konten bulk eating (mukbang) terhadap minat wisata kuliner pada followers penonton aktif akun Instagram @tanboy_kun. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teori Stimulus-Organism-Response (SOR) dan Uses and Effects, data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 100 responden. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa seluruh item dalam variabel X (terpaan mukbang) dan Y (minat wisata kuliner) dinyatakan valid (r hitung > r tabel = 0,361). Nilai reliabilitas juga sangat tinggi dengan Cronbach?s Alpha sebesar 0,949 untuk variabel X dan 0,969 untuk variabel Y. Mayoritas responden berusia 19?30 tahun (62%) dan didominasi perempuan (59%). Uji asumsi klasik menunjukkan data memenuhi syarat normalitas dan linearitas. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dengan nilai F hitung = 353,012 dan signifikansi 0,000. Koefisien regresi sebesar 1,044 dan R? = 0,783 menunjukkan bahwa 78,3% variasi minat wisata kuliner dijelaskan oleh terpaan konten bulk eating (mukbang). Temuan ini menguatkan bahwa paparan intens terhadap konten bulk eating (mukbang) mampu memicu perhatian, keingintahuan, dan respons emosional yang mendorong minat nyata dalam berwisata kuliner. Kata Kunci: Bulk Eating (Mukbang), Instagram, Minat Wisata Kuliner, SOR, Uses and Effects. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %L eprints89005