%0 Generic %A Riva, Adela %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:89019 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK MUTIA KASIH BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/89019/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran busy book terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5 – 6 tahun di TK Mutia Kasih Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ekperimen, yaitu jenis penelitian Pre-Ekperimental dengan desain One Grup Pretest-Posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 19 anak usia 5 – 6 tahun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pruposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi. Observasi dilakukan menggunakan lembar observasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan rumus Alpa Cronbach dan dinyatakan sangat reliabel dengan skor 0,968. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu N-Gain dan Uji Paired Sampe T-Test. Sebelum uji Paired sampel T-Test, dilakukan perhitungan N-gain untuk mengukur pengaruh kemampuan berpikir simbolik dengan membandingkan nilai pre-treatment dan post-treatment. Hasil N-gain menunjukkan pengaruh dalam kategori sedang (0,30 < N-gain < 0,70) dengan rata rata 0,6996 yang berarti bahwa berada pada kategori sedang. Kemudian, uji Paired Sample T-test menunjukkan nilai Asymp. Sig sebesar (0,000 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Dengan kata lain, terdapat pengaruh media pembelajaran busy book terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Mutia Kasih Bandar Lampung.