creators_name: Muhammad, Ilham Setiadi creators_id: 2123053036 type: thesis datestamp: 2025-06-18 14:20:38 lastmod: 2025-06-18 14:20:38 metadata_visibility: show title: PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS V ispublished: pub subjects: 370 subjects: 372 full_text_status: restricted abstract: Masalah penelitian ini berawal dari hasil analisis kebutuhan pada kegiatan pembelajaran yang melibatkan guru dan peserta didik. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk e-modul berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis dan juga efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Pengembangan yang dilakukan dalam penelitian mengacu pada model ADDIE yang dalam penerapannya terdiri atas lima tahapan yaitu: Analysis, Design, Davelopment, Implementation dan Evaluation. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V Sekolah Dasar pada Gugus 3 dan Gugus 6 Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling sesuai dengan tujuan penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrument tes yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji independent t-test dengan hasil perhitungan sebesar <0,001. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas V valid untuk digunakan, praktis dalam penerapannya serta efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas V. Kata kunci: E-modul, Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah. This research problem originated from the need analysis conducted on learning activities involving teachers and students. This study aims to produce a ProblemBased Learning-based e-module that is valid, practical, and effective in improving students' critical thinking skills and problem-solving abilities. This research employs a Research and Development approach. The development process in this study refers to the ADDIE model, which consists of five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The population in this study comprised fifth-grade elementary school students in Clusters 3 and 6, Gadingrejo District, Pringsewu Regency. The sample was selected using purposive sampling technique in accordance with the research objectives. The research instrument used was a test instrument that had been tested for validity and reliability. The data analysis technique employed was an independent t-test, with a calculation result of <0.001. Based on the data obtained from the research, it can be concluded that the Problem-Based Learning-based e-module to improve the critical thinking skills and problem-solving abilities of fifth-grade students is valid for use, practical in its application, and effective in improving the critical thinking skills and problem-solving abilities of fifth-grade students. Keywords: E-modul, Critical Thinking, Problem Solving. date: 2025-06-11 date_type: published institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: masters citation: Muhammad, Ilham Setiadi (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS V. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/89035/1/Abstrak%20Muhammad%20Ilham%20Setiadi_2123053036.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/89035/2/Tesiss%20Muhammad%20Ilham%20Setiadi_2123053036.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/89035/3/Tesiss%20Tanpa%20Pembahasan%20Muhammad%20Ilham%20Setiadi_2123053036.pdf