%0 Generic %A DWI, WAHYUNI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:89107 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, SOFT SKILLS DAN PERSEPSI PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/89107/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, soft skills dan persepsi terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lampung angkatan 2022 dan 2023 yang berjumlah 186 orang . Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan simple random sampling, menghasilkan 127 responden. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh baik secara parsial maupun simultan antara lingkungan keluarga, soft skills dan persepsi terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Lampung. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar program studi dapat memperkuat pembentukan persepsi positif terhadap profesi guru melalui seminar, kuliah tamu, studi banding dan kegiatan serupa, sehingga persepsi profesi guru pada mahasiswa menjadi positif. Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Minat Menjadi Guru, Persepsi Profesi Guru, Soft skills This research aims to determine the influence of family environment, soft skills, and perception on the interest in becoming a teacher among Economics Education students at FKIP Universitas Lampung. This study employed a quantitative approach with a descriptive verificative research design. The population for this study consisted of 186 Economics Education students from FKIP Universitas Lampung, batches 2022 and 2023. The sampling technique used was probability sampling with simple random sampling, resulting in 127 respondents. Data were analyzed using multiple linear regression analysis.The research findings indicate a significant influence, both partially and simultaneously, of family environment, soft skills, and perception on the interest in becoming a teacher among Economics Education students at FKIP Universitas Lampung. Based on these findings, it is suggested that the study program strengthen the formation of positive perceptions towards the teaching profession through seminars, guest lectures, comparative studies, and similar activities. This approach is expected to foster a more positive perception of the teaching profession among students. Keywords: Family Environment, Economic Education Student, Interest in Becoming a Teacher, Perception of Teaching Profession, Soft skills.