%A KURNIAWAN IQBAL %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang TIPE-II BERBASIS ETNOKIMIA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran SiMaYang tipe-II berbasis etnokimia pada materi faktor-faktor yang mem-pengaruhi laju reaksi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Punggur semester genap tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini, yaitu siswa kelas XI.1 sebagai kelas kontrol dan XI.2 sebagai kelas eksperimen, pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian ini termasuk quasi experiment dengan desain pretest-posttest non equivalent control group design. Efektivitas model pembelajaran SiMaYang tipe-II berbasis dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata, yaitu uji t dan uji effect size terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretes keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen adalah 33,45 dan rata-rata nilai postes keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen adalah 80 dengan rata-rata n-gain 0,71 yang menunjukkan kategori tinggi. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata yang dilakukan, disimpulkan bahwa model pembelajaran SiMaYang tipe-II berbasis etnokimia efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada fakktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Uji effect size juga dilakukan, hasil pengujian effect size menunjukkan hasil 0,97 berarti peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran SiMaYang tipe-II berbasis etnokimia dengan kriteria besar. Kata kunci: etnokimia, keterampilan berpikir kritis, SiMaYang tipe-II. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints89159