TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints89176 UR - http://digilib.unila.ac.id/89176/ A1 - R. BAGUS, BASHILLA R. Y1 - 2025/05/02/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan alur pada novel Si Anak Spesial karya Tere Liye serta implikasinya terhadap pembelajaran sastra di sekolah menengah atas. Novel ini dipilih karena memiliki alur yang menarik dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan apresiasi sastra siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran sastra di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Data penelitian berupa narasi dan dialog dalam novel yang memuat informasi terkait tahapan alur. Analisis dilakukan berdasarkan teori alur klasik yang membagi alur ke dalam beberapa tahapan secara kronologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel ini menggunakan alur maju (progresif) yang terdiri atas lima tahapan utama, yaitu: (1) eksposisi (Bab 1?5), memperkenalkan tokoh utama serta latar cerita; (2) komplikasi (Bab 6?12), konflik mulai muncul dan tokoh menghadapi berbagai tantangan; (3) klimaks (Bab 13?17), puncak ketegangan dalam cerita ketika tokoh utama mengalami situasi paling menentukan; (4) peleraian (Bab 18?22), mulai tampak penyelesaian dari konflik utama dalam cerita; dan (5) penyelesaian (Bab 23?25), akhir cerita yang memberikan kesimpulan terhadap peristiwa sebelumnya. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan untuk melatih siswa menganalisis struktur teks fiksi dan memahami hubungan antara alur dan pengembangan karakter dalam karya sastra. Kata kunci: tahapan alur, novel, pembelajaran sastra, alur maju (progresif). PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - TAHAPAN ALUR PADA NOVEL SI ANAK SPESIAL KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS AV - restricted ER -