<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . " \r\n\r\nS TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI \r\nMENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN \r\nMAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG "^^ . "\r\n \r\nPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar ekonomi,\r\nperbedaan motivasi belajar, serta kurang bervariasinya model pembelajaran yang\r\ndigunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang perbedaan hasil\r\nbelajar ekonomi antara model Talking Stick dan Make a Match ditinjau dari\r\nmotivasi belajar siswa. \r\nPenelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan\r\nkomparatif dan desain faktorial 2x2. Sampel berjumlah 67 siswa yang dipilih\r\nmenggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data diperoleh\r\nmelalui wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Pengujian hipotesis\r\ndilakukan dengan uji ANOVA dua jalan dan Uji t-test dua sampel independent. \r\nHasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi\r\nantara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Talking Stick dan Make a\r\nMatch; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi berdasarkan tingkat motivasi\r\nbelajar tinggi,sedang dan rendah; 3) Rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang\r\npembelajarannya menggunakan model Talking Stick lebih tinggi dibandingkan\r\nmodel Make a Match pada siswa yang motivasi belajarnya tinggi; 4) Rata-rata hasil\r\nbelajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model Talking Stick\r\nlebih tinggi dibandingkan model Make a Match pada siswa yang motivasi\r\nbelajarnya sedang; 5) Rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya\r\nmenggunakan model Talking Stick lebih tinggi dibandingkan model Make a Match\r\npada siswa yang motivasi belajarnya rendah; 6) Tidak terdapat interaksi antara\r\nmodel pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa.\r\n\r\nKata Kunci : Hasil Belajar, Make a Match, Model Pembelajaran, Motivasi\r\nBelajar, Talking Stick. \r\n\r\n\r\nThis research is motivated by the low economics learning outcomes, differences in\r\nstudent motivation, and the limited variety of teaching models used. The study aims\r\nto examine differences in economics learning outcomes between the Talking Stick\r\nand Make a Match models in terms of learning motivation. This research uses an\r\nexperimental method with a comparative approach and a 2x2 factorial design. The\r\nsample consisted of 67 students selected through simple random sampling. Data\r\nwere collected through interviews, observations, documentation, questionnaires,\r\nand tests. Hypothesis testing used two-way ANOVA and independent two-sample\r\nt-tests.The results show: (1) significant differences in economics learning outcomes\r\nbetween students using the Talking Stick and Make a Match models; (2) significant\r\ndifferences in learning outcomes among students with high, medium, and low\r\nmotivation levels; (3) students with high motivation achieved higher outcomes\r\nusing the Talking Stick model than with Make a Match; (4) students with medium\r\nmotivation also performed better with the Talking Stick model; (5) similarly,\r\nstudents with low motivation achieved higher results with the Talking Stick model;\r\nand (6) there was no significant interaction between the learning model and\r\nmotivation level on economics learning outcomes.\r\n\r\nKeywords: Learning Model, Learning Motivation, Learning Outcomes, Make\r\na Match, Talking Stick. "^^ . "2025-06-10" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . " Hayatun Nuffus"^^ . "Anzela"^^ . " Hayatun Nuffus Anzela"^^ . . . . . . " \r\n\r\nS TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI \r\nMENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN \r\nMAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . " \r\n\r\nS TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI \r\nMENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN \r\nMAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . " \r\n\r\nS TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI \r\nMENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN \r\nMAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . " \r\n\r\nS TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI \r\nMENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN \r\nMAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . " \r\n\r\nS TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI \r\nMENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN \r\nMAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . " \r\n\r\nS TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI \r\nMENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN \r\nMAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . " \r\n\r\nS TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI \r\nMENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN \r\nMAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . " \r\n\r\nS TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI \r\nMENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN \r\nMAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . " \r\n\r\nS TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI \r\nMENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN \r\nMAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . " \r\n\r\nS TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI \r\nMENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN \r\nMAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . " \r\n\r\nS TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI \r\nMENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN \r\nMAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . " \r\n\r\nS TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI \r\nMENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN \r\nMAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . " \r\n\r\nS TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI \r\nMENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN \r\nMAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . " \r\n\r\nS TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI \r\nMENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN \r\nMAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . " \r\n\r\nS TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI \r\nMENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN \r\nMAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . " \r\n\r\nS TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI \r\nMENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN \r\nMAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . " \r\n\r\nS TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI \r\nMENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN \r\nMAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . " \r\n\r\nS TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI \r\nMENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN \r\nMAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR\r\nSISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #89179 \n\n \n \nS TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI \nMENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN \nMAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR \nSISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG \n\n" . "text/html" . . . "330 Ekonomi" . . . "370 Pendidikan" . . . "373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan" . .