creators_name: Anzela, Hayatun Nuffus creators_id: 2113031031 type: other datestamp: 2025-06-20 06:54:02 lastmod: 2025-06-20 06:54:02 metadata_visibility: show title: S TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN MAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG ispublished: pub subjects: 330 subjects: 370 subjects: 373 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar ekonomi, perbedaan motivasi belajar, serta kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang perbedaan hasil belajar ekonomi antara model Talking Stick dan Make a Match ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan komparatif dan desain faktorial 2x2. Sampel berjumlah 67 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji ANOVA dua jalan dan Uji t-test dua sampel independent. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Talking Stick dan Make a Match; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi berdasarkan tingkat motivasi belajar tinggi,sedang dan rendah; 3) Rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model Talking Stick lebih tinggi dibandingkan model Make a Match pada siswa yang motivasi belajarnya tinggi; 4) Rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model Talking Stick lebih tinggi dibandingkan model Make a Match pada siswa yang motivasi belajarnya sedang; 5) Rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model Talking Stick lebih tinggi dibandingkan model Make a Match pada siswa yang motivasi belajarnya rendah; 6) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Make a Match, Model Pembelajaran, Motivasi Belajar, Talking Stick. This research is motivated by the low economics learning outcomes, differences in student motivation, and the limited variety of teaching models used. The study aims to examine differences in economics learning outcomes between the Talking Stick and Make a Match models in terms of learning motivation. This research uses an experimental method with a comparative approach and a 2x2 factorial design. The sample consisted of 67 students selected through simple random sampling. Data were collected through interviews, observations, documentation, questionnaires, and tests. Hypothesis testing used two-way ANOVA and independent two-sample t-tests.The results show: (1) significant differences in economics learning outcomes between students using the Talking Stick and Make a Match models; (2) significant differences in learning outcomes among students with high, medium, and low motivation levels; (3) students with high motivation achieved higher outcomes using the Talking Stick model than with Make a Match; (4) students with medium motivation also performed better with the Talking Stick model; (5) similarly, students with low motivation achieved higher results with the Talking Stick model; and (6) there was no significant interaction between the learning model and motivation level on economics learning outcomes. Keywords: Learning Model, Learning Motivation, Learning Outcomes, Make a Match, Talking Stick. date: 2025-06-10 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2113031031 citation: Anzela, Hayatun Nuffus (2025) S TUDI P ERB ANDI NGAN HAS I L BELAJ AR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL BELAJAR TALKING STICK DAN MAKE A MATCH DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/89179/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/89179/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/89179/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf