%0 Generic %A Rosyid, Bayu Pamungkas %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:89223 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 SIDOREJO %U http://digilib.unila.ac.id/89223/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V SDN 1 Sidorejo. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran game-based learning berbantuan media teka-teki silang (TTS) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V SDN 1 Sidorejo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen non-equivalent control group design. Populasi penelitian terdiri dari 66 peserta didik, dengan sampel sebanyak 44 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik non probability sampling. Teknik pengumpulan data meliputi tes sebagai instrumen utama serta observasi sebagai data pendukung. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan model pembelajaran game-based learning berbantuan media TTS terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V SDN 1 Sidorejo. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya hasil Fhitung ˃ Ftabel yaitu 20,791 ˃ 4,35 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, yang mengindikasikan bahwa penggunaan model pembelajaran game-based learning berbantuan media teka-teki silang (TTS) dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan.