%0 Generic %A Shefy, Dhanesya %C Universita Lampung %D 2025 %F eprints:89228 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN %U http://digilib.unila.ac.id/89228/ %X Masalah pada penelitian ini adalah kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun belum sesuai dengan tahap perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interaktif articulate storyline terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun yang dilaksanakan di TK Istiqlal Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pendekatan quasi eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yaitu observasi. Teknik analisis data yang di gunakan pada penelitian ini adalah uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata yang diperoleh adalah 84 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-ratanya adalah 59. Hasil uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana memperoleh nilai signifikansi 0.000<0.05 Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun yang menggunakan media interaktif articulate storyline. kata kunci : articulate storyline, kemampuan berhitung permulaan