%0 Generic %A Nurul , Aulia %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:89248 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH OTORITAS ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TINGKAT PENDIDIKAN MENENGAH DI DESA NEGARA BATIN %U http://digilib.unila.ac.id/89248/ %X Untuk mencapai tujuan belajar, seseorang membutuhkan motivasi yang kuat, baik dari dalam diri maupun dari lingkungan sekitarnya. Salah satu motivasi belajar yang sangat berpengaruh yaitu dari keluarga. Keluarga merupakan ranah pendidikan pertama bagi anak. Sehingga penting bagi orang tua untuk bisa mengajarkan hal-hal yang baik sejak dini. Otoritas sebagai orang tua tentu memiliki peran penting sebagai salah satu penentu masa depan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh otoritas orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik pada tingkat pendidikan menengah di desa Negara Batin, Kecamatan Kota Agung Barat, Kabupaten Tanggamus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis Pengaruh Otoritas Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik menggunakan teknis analisis product moment person, karena data yang digunakan adalah skala interval. Populasi penelitian adalah seluruh Peserta didik tingkat pendidikan menengah yang berada di desa Negara Batin detotal 102 siswa dengan 52 orang dari Sekolah Menengah Pertama dan 48 orang dari Sekolah Menengah Atas. Sampel penelitian yaitu 26 orang dari Sekolah Menengah Pertama dan 24 orang Sekolah Menengah Atas. Teknik pengumpulan data dengan obsevasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data digunakan yaitu uji normalitas, uji linier. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel otoritas orangtua lebih besar dibandingkan dengan ttabel dengan tingkat signifikan jauh lebih kecil 0,050 maka berdasarkan uji hipotesis pada penelitian ini adalah variabel Otoritas Orangtua berpengaruh positif terhadap Motivasi Belajar pada Peserta Didik Tingkat Pendidikan Menengah di Desa Negara Batin. Persentase dari Otoritas Orangtua terhadap Motivasi Belajar anak adalah 96.8% sedangkan sisanya sebesar 3.2% berpengaruh dari factor lain. Kata Kunci: Otoritas Orang Tua, Motivasi Belajar To achieve learning goals, a person needs strong motivation both from their surroundings. One of the motivations For learning that is very influential is from the family. Family is the first educational institution for children. So it is important for parents to be able to teach good things from an early age. Authority as parents certainly has an important role as one of the determinants of a child’s future.This research aims to determine the magnitude of the influence of parental authority on the learning motivation of students at the secondary education level in Negara Batin village, Kota Agung Barat District, Tanggamus Regency. The approach used in research is a quantitative approach. The method used in this research is a descriptive approach. The data analysis technique used to test the hypothesis of the Influence of Parental Authority on Students' Learning Motivation uses product moment person analysis techniques, because the data used is an interval scale. The research population was all secondary education level students in Negara Batin village in totally 102 people with 52 people from Junior High School and 48 people from Senior High School. The research sample was 26 people from junior high schools and 24 people from high schools. Data collection techniques using observation, questionnaires and interviews. Data analysis techniques used are normality test, linear test. Based on the research results, it shows that the parental authority variable is greater than the t table with a significantly smaller level of 0.050, so based on the hypothesis test in this research, the Parental Authority variable has a positive effect on Learning Motivation in Secondary Education Level Students in Negara Batin Village. The percentage of parental authority on children's learning motivation is 96.8%, while the remaining 3.2% is influenced by other factors. Keywords: Parental Authority, Learning Motivation