@mastersthesis{eprints89270, month = {Juni}, title = {PRAKTIK KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH: STUDI FENOMENOLOGI DI SMP ISLAM X BANDAR LAMPUNG }, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {INDAH RAFIKA}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/89270/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik kepemimpinan situasional kepala sekolah di SMP Islam X Bandar Lampung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan observasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Praktik kepemimpinan situasional kepala sekolah pada dimensi telling diwujudkan melalui pemberian tugas yang rinci, pengawasan, memberi bimbingan, menetapkan standar kerja dengan baik, dan membantu menemukan solusi; 2) Praktik kepemimpinan situasional kepala sekolah pada dimensi selling diwujudkan melalui pengarahan yang jelas, keterbukaan pemimpin, pemenuhan kebutuhan bawahan, interaksi dan komunikasi secara langsung, serta pemantauan; 3) Praktik kepemimpinan situasional kepala sekolah pada dimensi participating diwujudkan melalui keterbukaan pemimpin akan masukan/pendapat, pemberian motivasi, pelaksanaan musyawarah/rapat, transparan, dan pemberian penghargaan; 4) Praktik kepemimpinan situasional kepala sekolah pada dimensi delegating diwujudkan melalui pendelegasian tanggung jawab, memberikan kepercayaan penuh, menyerahkan keputusan, dan mendukung pengembangan kompetensi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa praktik kepemimpinan situasional kepala sekolah yang meliputi telling, selling, participating, dan delegating telah dilaksanakan dengan baik di SMP Islam X Bandar Lampung. Praktik kepemimpinan ini menciptakan terselenggaranya lingkungan pendidikan yang efektif. Implikasi penelitian ini membuka peluang studi lanjutan di lokasi dan konteks yang berbeda guna memperoleh temuan yang lebih luas dan representatif. Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, kepemimpinan situasional, kepemimpinan situasional kepala sekolah This study aims to describe the situational leadership practices of the principal at SMP Islam X Bandar Lampung. Employing a qualitative approach with a phenomenological design, the research gathered data through interviews and observations. The data were analyzed through a process of data collection, reduction, conclusion drawing, and verification. The findings indicate that the principal?s situational leadership is reflected across four dimensions: (1) Telling{--} by assigning detailed tasks, providing supervision and guidance, setting clear performance standards, and assisting in problem-solving; (2) Selling{--}through clear direction, openness, fulfillment of staff needs, direct interaction, and consistent monitoring; (3) Participating{--}by encouraging input and suggestions, offering motivation, conducting discussions and meetings, ensuring transparency, and recognizing achievements; and (4) Delegating{--}through the delegation of responsibilities, trust in staff, decision-making autonomy, and support for professional development. The study concludes that the principal has effectively implemented situational leadership in all four dimensions, contributing to the creation of a positive and effective educational environment at SMP Islam X Bandar Lampung. The implications of this study open up opportunities for further research in different locations and contexts in order to obtain broader and more representative findings. Keywords: principal leadership, situational leadership, principal?s situational leadership} }