?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=IMPLEMENTASI+LEARNING+CYCLE+7E+TERINTEGRASI+STEMDESIGN+THINKING+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN%0D%0ACOMPUTATIONAL+THINKING+PESERTA+DIDIK%0D%0AKELAS+XI+TOPIK+FLUIDA+STATIS&rft.creator=KINANTI+%2C+RAMADHANI&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=530+Fisika&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+efektivitas+implementasi+learning%0D%0Acycle+7E+terintegrasi+STEM-design+thinking+dalam+meningkatkan+kemampuan%0D%0Acomputational+thinking+peserta+didik+kelas+XI+topik+Fluida+Statis.+Adapun+sampel%0D%0Adalam+penelitian+ini+adalah+peserta+didik+kelas+XI-7+sebagai+kelas+eksperimen+dan%0D%0Apeserta+didik+kelas+XI-8+sebagai+kelas+kontrol+di+SMA+Negeri+1+Gedongtataan.%0D%0AMetode+penelitian+yang+digunakan+adalah+quasi-experiment+design+dengan+desain%0D%0Apenelitian+nonequivalent+control+group+design.+Terdapat+dua+variabel+penelitian%2C%0D%0Ayaitu+variabel+bebas+(learning+cycle+7E+terintegrasi+STEM-design+thinking)+dan%0D%0Avariabel+terikat+(kemampuan+computational+thinking+peserta+didik).+Analisis+data%0D%0Adiuji+dengan+menggunakan+uji+N-gain%2C+uji+Independent+Sample+T-Test+dan+uji+effect%0D%0Asize.+Hasil+uji+N-gain+menunjukkan+peningkatan+kemampuan+computational%0D%0Athinking+pada+kelas+eksperimen+sebesar+0%2C71+(tinggi)+dan+kelas+kontrol+sebesar+0%2C53%0D%0A(sedang).+Berdasarkan+hasil+uji+Independent+Sample+T-Test+diperoleh+nilai+sig.+2-%0D%0Atailed+sebesar+0%2C000+yang+menunjukkan+bahwa+terdapat+perbedaan+yang+signifikan%0D%0Apada+peningkatan+kemampuan+computational+thinking+peserta+didik+antara+kelas%0D%0Aeksperimen+dan+kontrol.+Sedangkan+pada+uji+effect+size+diperoleh+hasil+nilai+cohen%E2%80%99s%0D%0Ad+sebesar+1%2C78+dengan+kategori+besar.+Berdasarkan+hasil+tersebut%2C+dapat+diketahui%0D%0Abahwa+implementasi+learning+cycle+7E+terintegrasi+STEM-design+thinking+pada%0D%0Amateri+Fluida+Statis+dapat+meningkatkan+kemampuan+computational+thinking%0D%0Apeserta+didik+secara+signifikan.%0D%0AKata+kunci%3A+Design+Thinking%2C+Fluida+Statis%2C+Kemampuan+Computational%0D%0AThinking%2C+Learning+Cycle+7E%2C+STEM&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-06-17&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89272%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520ABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89272%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89272%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++KINANTI+%2C+RAMADHANI++(2025)+IMPLEMENTASI+LEARNING+CYCLE+7E+TERINTEGRASI+STEMDESIGN+THINKING+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+COMPUTATIONAL+THINKING+PESERTA+DIDIK+KELAS+XI+TOPIK+FLUIDA+STATIS.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89272%2F