%0 Generic %A KINANTI , RAMADHANI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:89272 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T IMPLEMENTASI LEARNING CYCLE 7E TERINTEGRASI STEMDESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS XI TOPIK FLUIDA STATIS %U http://digilib.unila.ac.id/89272/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas implementasi learning cycle 7E terintegrasi STEM-design thinking dalam meningkatkan kemampuan computational thinking peserta didik kelas XI topik Fluida Statis. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-7 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI-8 sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 1 Gedongtataan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Terdapat dua variabel penelitian, yaitu variabel bebas (learning cycle 7E terintegrasi STEM-design thinking) dan variabel terikat (kemampuan computational thinking peserta didik). Analisis data diuji dengan menggunakan uji N-gain, uji Independent Sample T-Test dan uji effect size. Hasil uji N-gain menunjukkan peningkatan kemampuan computational thinking pada kelas eksperimen sebesar 0,71 (tinggi) dan kelas kontrol sebesar 0,53 (sedang). Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai sig. 2- tailed sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kemampuan computational thinking peserta didik antara kelas eksperimen dan kontrol. Sedangkan pada uji effect size diperoleh hasil nilai cohen’s d sebesar 1,78 dengan kategori besar. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa implementasi learning cycle 7E terintegrasi STEM-design thinking pada materi Fluida Statis dapat meningkatkan kemampuan computational thinking peserta didik secara signifikan. Kata kunci: Design Thinking, Fluida Statis, Kemampuan Computational Thinking, Learning Cycle 7E, STEM