%0 Generic %A KENYA, ASMARA BUNGA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:89295 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 10 METRO TIMUR %U http://digilib.unila.ac.id/89295/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas II SD Negeri 10 Metro Timur. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas II SD Negeri 10 Metro Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik dan pendidik kelas II SD Negeri 10 Metro Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD Negeri 10 Metro Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kesulitan membaca permulaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas II yang dianalisis berdasarkan indikator Early Grade Reading Assessment (EGRA), yang ditemukan kendala pada peserta didik dalam hal membaca huruf, membedakan bunyi awal (fonem), membaca kata bermakna, membaca kata tidak bermakna, membaca cepat dan memahami bacaan. Kata kunci: bahasa Indonesia, membaca permulaan, peserta didik. The problem in this study was about the low early reading ability in Indonesian language subject of students in 2nd grade SD Negeri 10 Metro Timur. The purpose of this study was to describe the early reading ability in Indonesian language subject of students in 2nd grade SD Negeri 10 Metro Timur. The method that being used in this study was qualitative descriptive method. Source of data in this study were the students and the teachers of 2nd grade SD Negeri 10 Metro Timur. Data collection techniques in this study were from interviews, observation, documentation and test. The subject of this study was the 2nd grade students of SD Negeri 10 Metro Timur. The result of this study indicated that there were difficulties in early reading ability in Indonesian language subject of students in 2nd grade which was analyzed using Early Grade Reading Assessment (EGRA) indicator, the problem that was found in students were in terms of reading letters, distinguishing initial sound (phonemes), reading meaningful words, reading meaningless words, fast reading and understanding readings. Keywords: early reading, Indonesian language, students.