title: PENGARUH PENGGUNAAN ALAT MUSIK GAMOLAN TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN creator: Meira, Gerisna subject: 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni subject: 780 Musik description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat musik gamolan terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya kemampuan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun di TK. Al-Huda, Kemiling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat musik gamolan terhadap kemampuan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Design One Group Pretest-Posttest. Tempat dan waktu dalam penelitian ini dilaksanakan di TK. Al-Huda, Kemiling pada tanggal 01, 04-08 November 2024. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 orang anak dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis tabel, uji wilcoxon signed rank test dan uji N-Gain. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kemampuan motorik halus anak sebelum menggunakan alat musik gamolan dan sesudah diberikan alat musik gamolan. Kata kunci : anak usia dini, motorik halus, gamolan. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-05-06 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/89312/1/ABSTRAK.docx.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/89312/2/SKRIPSI%20FULL%20BAB%20TANPA%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/89312/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Meira, Gerisna (2025) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT MUSIK GAMOLAN TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/89312/