%A PRAMITA FINI ADELLIA %T PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII di SMPN 5 Kota Metro. Penelitian ini menggunakan quasy experiment dengan desain penelitian Post test Only Design Control Group. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel 20 peserta didik kelas 8.2 sebagai kelas eksperimen dan 20 peserta didik kelas 8.6 sebagai kelas kontrol. Angket tanggapan digunakan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan LKPD berbasis PBL kemudian data hasil belajar kognitif didapatkan dari hasil posttest peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa skor posttest pada kelas eksperimen dengan persentase sebesar 75,45 dengan kriteria ?sedang? dan pada kelas kontrol dengan persentase sebesar 44,10 dengan kriteria ?rendah?. Hasil uji hipotesis menggunakan Mann- Whitney didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,01<0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis PBL berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Berdasarkan perolehan hasil angket respon peserta didik didapatkan rata-rata 83,33 dengan kategori ?baik? maka pembelajaran menggunakan LKPD berbasis PBL khususnya pada materi sistem pernapasan dapat meningkatkan pemahaman materi saat proses pembelajaran. Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif; LKPD berbasis PBL; Sistem Pernapasan. %D 2025 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 2113024073 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints89360