TY - UNPB CY - Universitas Lampung ID - eprints8937 UR - http://digilib.unila.ac.id/8937/ A1 - Dewi Utami, 1113021020 Y1 - 2015/04/16/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semaka tahun pelajaran 2014/2015 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VII-C dan VII-D ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian adalah posttest only control group design. Data penelitian ini adalah data hasil kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diperoleh melalui tes. Tes dilakukan setelah selesai tahap pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model kooperatif tipe GI berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semaka tahun pelajaran 2014/2015. Kata kunci : group investigation, pemahaman konsep, pembelajaran kooperatif. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMANKONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Semaka Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015) AV - restricted ER -