title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS KELAS IV SD creator: CINDY, DIAN LESTARI subject: 370 Pendidikan subject: 372 Pendidikan dasar description: Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Inggris kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar Bahasa Inggris kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment, dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 622 peserta didik yang merupakan total keseluruhan peserta didik dari seluruh kelas IV di SD Negeri 2 Jatimulyo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 peserta didik yang terdiri dari dua kelas, yaitu 26 peserta didik di kelas eksperimen dan 26 peserta didik pada kelas kontrol. Penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes berupa soal pilihan ganda pretest-posttest, dan non-tes berupa lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar Bahasa Inggris kelas IV SD. Kata kunci: hasil belajar bahasa inggris, model pembelajaran kooperatif tipe scramble publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-05-28 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/89379/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/89379/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/89379/3/3.%20SKRISPI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: CINDY, DIAN LESTARI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS KELAS IV SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/89379/