?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGEMBANGAN+INSTRUMEN+THREE+TIER+DIAGNOSTIC%0D%0ATEST+UNTUK+MENGIDENTIFIKASI+MISKONSEPSI%0D%0APESERTA+DIDIK+PADA+MATERI%0D%0AGELOMBANG+BUNYI&rft.creator=LIFTIA+%2C+AULY+ERIZKA+PUTRI&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=530+Fisika&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengembangkan+instrumen+Three+Tier+Diagnostic%0D%0ATest+yang+valid%2C+reliabel%2C+dan+praktis+untuk+mengidentifikasi+miskonsepsi+peserta%0D%0Adidik+pada+materi+gelombang+bunyi.+Desain+pengembangan+dilaksanakan%0D%0Amenggunakan+metode+Research+and+Development+dengan+6+langkah%0D%0Apengembangan+mengadaptasi+dari+Borg+%26+Gall+(1983)+yang+meliputi+tahap%0D%0Apenelitian+dan+pengumpulan+data%2C+perencanaan%2C+pengembangan+produk+awal%2C+uji%0D%0Acoba+lapangan+awal%2C+revisi+hasil+uji+coba%2C+dan+uji+coba+lapangan.+Validasi+produk%0D%0Adilakukan+oleh+dua+dosen+dan+satu+guru+untuk+menilai+aspek+konstruk%2C+materi%2C+dan%0D%0Abahasa.+Berdasarkan+hasil+validasi+ahli+instrumen+penilaian+sebesar+85%2C5%25+dengan%0D%0Akategori+sangat+valid+sehingga+layak+digunakan.+Instrumen+Three+Tier+Diagnostic%0D%0ATest+untuk+mengidentifikasi+miskonsepsi+peserta+didik+pada+materi+gelombang%0D%0Abunyi+diujicobakan+kepada+20+peserta+didik+dan+dianalisis+menggunakan+Rasch%0D%0AModel+dengan+berbantuan+software+Ministep+5.9.2.+Berdasarkan+hasil+analisis+data%0D%0Auji+coba+diperoleh+sebanyak+15+butir+soal+instrumen+Three+Tier+Diagnostic+Test%0D%0Adinyatakan+valid.+Hasil+uji+reliabilitas+diperoleh+nilai+person+reliability+sebesar+0%2C84%0D%0Adengan+kategori+bagus%2C+alpha+Cronbach+sebesar+0%2C86+dengan+kategori+bagus+sekali%2C%0D%0Adan+item+reliability+sebesar+0%2C78+dengan+kategori+cukup.+Uji+kepraktisan+instrumen%0D%0AThree+Tier+Diagnostic+Test+pada+materi+gelombang+bunyi+mendapatkan+rata-rata%0D%0Akeseluruhan+persentase+sebesar+92%2C7%25+dengan+kategori+sangat+praktis.+Hasil+analisis%0D%0Amiskonsepsi+tertinggi+terjadi+pada+subkonsep+gelombang+bunyi+pada+dawai+52%2C5%25%0D%0Adengan+kategori+sedang+dan+miskonsepsi+terendah+pada+subkonsep+efek+doppler%0D%0A30%25+dengan+kategori+sedang.+Produk+akhir+instrumen+Three+Tier+Diagnostic+Test%0D%0Auntuk+mengidentifikasi+miskonsepsi+peserta+didik+pada+materi+gelombang+bunyi%0D%0Ayang+dikembangkan+telah+memenuhi+standar+kelayakan+instrumen+yaitu+valid%2C%0D%0Areliabel%2C+dan+praktis.%0D%0AKata+kunci%3A+Gelombang+Bunyi%2C+Instrumen+Three+Tier+Diagnostic+Test%2C+Miskonsepsi&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-06-16&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89387%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520ABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89387%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89387%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++LIFTIA+%2C+AULY+ERIZKA+PUTRI++(2025)+PENGEMBANGAN+INSTRUMEN+THREE+TIER+DIAGNOSTIC+TEST+UNTUK+MENGIDENTIFIKASI+MISKONSEPSI+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+GELOMBANG+BUNYI.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89387%2F