<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC\r\nTEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI\r\nGELOMBANG BUNYI"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen Three Tier Diagnostic\r\nTest yang valid, reliabel, dan praktis untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta\r\ndidik pada materi gelombang bunyi. Desain pengembangan dilaksanakan\r\nmenggunakan metode Research and Development dengan 6 langkah\r\npengembangan mengadaptasi dari Borg & Gall (1983) yang meliputi tahap\r\npenelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji\r\ncoba lapangan awal, revisi hasil uji coba, dan uji coba lapangan. Validasi produk\r\ndilakukan oleh dua dosen dan satu guru untuk menilai aspek konstruk, materi, dan\r\nbahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli instrumen penilaian sebesar 85,5% dengan\r\nkategori sangat valid sehingga layak digunakan. Instrumen Three Tier Diagnostic\r\nTest untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi gelombang\r\nbunyi diujicobakan kepada 20 peserta didik dan dianalisis menggunakan Rasch\r\nModel dengan berbantuan software Ministep 5.9.2. Berdasarkan hasil analisis data\r\nuji coba diperoleh sebanyak 15 butir soal instrumen Three Tier Diagnostic Test\r\ndinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas diperoleh nilai person reliability sebesar 0,84\r\ndengan kategori bagus, alpha Cronbach sebesar 0,86 dengan kategori bagus sekali,\r\ndan item reliability sebesar 0,78 dengan kategori cukup. Uji kepraktisan instrumen\r\nThree Tier Diagnostic Test pada materi gelombang bunyi mendapatkan rata-rata\r\nkeseluruhan persentase sebesar 92,7% dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis\r\nmiskonsepsi tertinggi terjadi pada subkonsep gelombang bunyi pada dawai 52,5%\r\ndengan kategori sedang dan miskonsepsi terendah pada subkonsep efek doppler\r\n30% dengan kategori sedang. Produk akhir instrumen Three Tier Diagnostic Test\r\nuntuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi gelombang bunyi\r\nyang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen yaitu valid,\r\nreliabel, dan praktis.\r\nKata kunci: Gelombang Bunyi, Instrumen Three Tier Diagnostic Test, Miskonsepsi"^^ . "2025-06-16" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . "AULY ERIZKA PUTRI"^^ . "LIFTIA "^^ . "AULY ERIZKA PUTRI LIFTIA "^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC\r\nTEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI\r\nGELOMBANG BUNYI (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC\r\nTEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI\r\nGELOMBANG BUNYI (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC\r\nTEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI\r\nGELOMBANG BUNYI (File PDF)"^^ . . . "3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC\r\nTEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI\r\nGELOMBANG BUNYI (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC\r\nTEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI\r\nGELOMBANG BUNYI (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC\r\nTEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI\r\nGELOMBANG BUNYI (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC\r\nTEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI\r\nGELOMBANG BUNYI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC\r\nTEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI\r\nGELOMBANG BUNYI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC\r\nTEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI\r\nGELOMBANG BUNYI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC\r\nTEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI\r\nGELOMBANG BUNYI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC\r\nTEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI\r\nGELOMBANG BUNYI (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC\r\nTEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI\r\nGELOMBANG BUNYI (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC\r\nTEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI\r\nGELOMBANG BUNYI (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC\r\nTEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI\r\nGELOMBANG BUNYI (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC\r\nTEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI\r\nGELOMBANG BUNYI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC\r\nTEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI\r\nGELOMBANG BUNYI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC\r\nTEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI\r\nGELOMBANG BUNYI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC\r\nTEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI\r\nPESERTA DIDIK PADA MATERI\r\nGELOMBANG BUNYI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #89387 \n\nPENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER DIAGNOSTIC \nTEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI \nPESERTA DIDIK PADA MATERI \nGELOMBANG BUNYI\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "530 Fisika" . .