@misc{eprints89406, month = {Juni}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA}, author = {HARIYANI TRI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/89406/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Ma?arif Natar semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 131 siswa yang terdistribusi ke dalam lima kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas VIII-B dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C dengan jumlah siswa 25 siswa sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes kemampuan representasi matematis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t? (perbedaan rata-rata) diperoleh bahwa rata-rata kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti model PBL lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji proporsi diperoleh bahwa siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL lebih dari 60\%. Dengan demikian, model PBL efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa.} }