?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1813021054&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+DITINJAU%0D%0ADARI+KEMAMPUAN+REPRESENTASI+MATEMATIS+SISWA&rft.creator=TRI%2C+HARIYANI&rft.subject=300+Ilmu+sosial&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=510+Matematika&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+efektivitas+model+Problem+Based+Learning+(PBL)+ditinjau+dari+kemampuan+representasi+matematis+siswa.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+VIII+MTs+Darul+Ma%E2%80%99arif+Natar+semester+ganjil+tahun+pelajaran+2023%2F2024+yang+berjumlah+131+siswa+yang+terdistribusi+ke+dalam+lima+kelas.+Sampel+dipilih+menggunakan+teknik+purposive+sampling%2C+sehingga+terpilih+kelas+VIII-B+dengan+jumlah+28+siswa+sebagai+kelas+eksperimen+dan+kelas+VIII-C+dengan+jumlah+siswa+25+siswa+sebagai+kelas+kontrol.+Desain+yang+digunakan+adalah+pretest-posttest+control+group+design.+Data+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif+yang+diperoleh+dari+hasil+tes+kemampuan+representasi+matematis.+Berdasarkan+hasil+uji+hipotesis+menggunakan+uji+t%E2%80%99+(perbedaan+rata-rata)+diperoleh+bahwa+rata-rata+kemampuan+representasi+matematis+siswa+yang+mengikuti+model+PBL+lebih+tinggi+daripada+siswa+yang+mengikuti+pembelajaran+dengan+model+konvensional.+Selanjutnya%2C+berdasarkan+hasil+uji+proporsi+diperoleh+bahwa+siswa+yang+memiliki+kemampuan+representasi+matematis+terkategori+baik+pada+kelas+yang+mengikuti+pembelajaran+dengan+model+PBL+lebih+dari+60%25.+Dengan+demikian%2C+model+PBL+efektif+ditinjau+dari+kemampuan+representasi+matematis+siswa.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-06-13&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89406%2F1%2FSkripsi_Tri%2520Hariyani_ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89406%2F2%2FSkripsi_Tri%2520Hariyani_TANPA%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89406%2F3%2FSkripsi_Tri%2520Hariyani_TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++TRI%2C+HARIYANI++(2025)+EFEKTIVITAS+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+DITINJAU+DARI+KEMAMPUAN+REPRESENTASI+MATEMATIS+SISWA.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89406%2F