%A Fuad M. Khoirul %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL BERBASIS VIDEO EKSPERIMEN PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS %X Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran virtual berbasis video eksperimen untuk menstimulasi keterampilan berpikir kritis yang valid dan praktis. Media pembelajaran didesain menggunakan Unity dalam bentuk aplikasi. Penelitian dilaksanakan dengan Design and Development Research (DDR) yang diadaptasi dari Richey & Klein (2007) yang memiliki 4 tahapan, yaitu analysis, design, development, and evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran fisika berbasis video eksperimen dinyatakan valid yang ditunjukkan dengan nilai kevalidan materi sebesar 3,61 dengan kategori sangat valid dan nilai kevalidan media sebesar 3,69 dengan kategori sangat valid. Nilai kepraktisan respon guru sebesar 92% dengan kategori sangat baik dan nilai respon peserta didik sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran virtual berbasis video eksperimen untuk menstimulasi keterampilan berpikir kritis dinyatakan sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Fluida Statis, Media Pembelajaran, Video Eksperimen %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints89415