%0 Generic %A 0713023040, REZA WINTIA AGUSTIANA %D 2012 %F eprints:8942 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENGUASAAN KONSEP %U http://digilib.unila.ac.id/8942/ %X Ketepatan dalam memilih dan menerapkan suatu model pembelajaran sangat mempengaruhi tingkat penguasaan konsep siswa. Untuk mendapatkan keteram- pilan mengkomunikasikan dan tingkat penguasaan konsep yang tinggi dibutuhkan model pembelajaran dan pendekatan pembelajaran yang mampu menghantarkan siswa pada pembelajaran yang lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Gajah Mada Bandar Lampung kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011-2012. Pene- litian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Analisis data menggunakan n-Gain dan Uji t. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kelas dengan pembe- lajaran inkuiri terbimbing memiliki keterampilan mengkomunikasikan yang lebih i tinggi secara signifikan dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional sedangkan kelas konvensional memiliki penguasaan konsep yang lebih tinggi di- bandingkan kelas eksperimen. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan tetapi tidak efektif meningkatkan penguasaan konsep kesetimbangan kimia. Kata kunci : Model pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan mengkomuni- kasikan, dan penguasaan konsep