?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1813021046&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PEMANFAATAN+SOFTWARE+GEOGEBRA+DALAM+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+REPRESENTASI+MATEMATIS+SISWA&rft.creator=Romy%2C+Hakiki&rft.subject=300+Ilmu+sosial&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=510+Matematika&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+pemanfaatan+software+Geogebra+dalam+meningkatkan+kemampuan+representasi+matematis+siswa.+Populasi+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+XI+SMA+Negeri+1+Pagelaran+semester+ganjil+tahun+pelajaran+2022%2F2023+sebanyak+231+siswa+yang+terdistribusi+dalam+delapan+kelas.+Sampel+dari+penelitian+ini+terdiri+dari+dua+kelas+yang+berjumlah+masing-masing+30+dan+31+siswa.+Pemilihan+sampel+dilakukan+dengan+teknik+sampling+purposive.+Desain+dari+penelitian+ini+adalah+pretest-posttest+control+group+design.+Data+penelitian+yang+diperoleh+berupa+data+kuantitatif+hasil+tes+representasi+matematis.+Analisis+data+yang+digunakan+adalah+uji+t+dengan+taraf+signifikasi+yang+digunakan+adalah+.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+siswa+yang+mengikuti+pembelajaran+dengan+memanfaatkan+software+Geogebra+memiliki+rata-rata+peningkatan+kemampuan+representasi+matematis+yang+lebih+tinggi+dibandingkan+siswa+yang+mengikuti+pembelajaran+konvensional.+Dengan+demikian%2C+pemanfaatan+software+Geogebra+dalam+pembelajaran+dapat+meningkatkan+kemampuan+representasi+matematis+siswa.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-06-11&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89426%2F1%2FAbstrak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89426%2F2%2FSkripsi%2520Full.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89426%2F3%2FSkripsi%2520Tanpa%2520Pembahasan.pdf&rft.identifier=++Romy%2C+Hakiki++(2025)+PEMANFAATAN+SOFTWARE+GEOGEBRA+DALAM+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+REPRESENTASI+MATEMATIS+SISWA.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F89426%2F