%A PUTRI JELITA AMALIA %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI %X Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMA Lifeskills Kesuma Bangsa Natar tahun ajaran 2024/2025. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan teknik pretest-posttest non-equivalent control group design. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data kuantitatif pada kemampuan berpikir kritis berupa tes uraian dan data kualitatif diperoleh dari respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model PBL. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model PBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi keanekaragaman hayati yang menggunakan uji Mann whitney dengan nilai Sig (2-tailed) 0,00 < 0,05. Peningkatan nilai pretest-posttest kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata N-gain sebesar 0,75 termasuk kategori sedang, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain 0,35 termasuk kategori rendah. Dilakukan juga uji Effect size didapatkan nilai 1,554 dengan kriteria ?besar?. Dengan demikian, model PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Keanekaragaman Hayati, Problem Based Learning %D 2025 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 2113024079 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints89463